Resuffle Kabinet: Kado Pahit untuk Cak Imin

0
31

BarisanBerita.com,- Sengaja atau tidak, penunjukan Syaifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul sebagai Menteri Sosial sepertinya membuat PKB meradang. Pasalnya Gus Ipul adalah rival Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang kerap mengkritik Ketua Umum PKB itu.

Menanggapi Gus Ipul yang dipilih sebagai Menteri Sosial, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa Syaiful Huda mengatakan bahwa pelantikan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Menteri Sosial merupakan urusan Presiden Joko Widodo.

“Dan sekali lagi enggak ada kaitannya dengan gegeran PBNU dan PKB,” kata Huda di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Ia kemudian menekankan bahwa pengangkatan Gus Ipul sebagai menteri merupakan kewenangan prerogatif Presiden meskipun masa kerja yang tersisa.

“Kewenangan prerogatif itu tidak bisa dibatasi. Tinggal sehari pun, itu kewenangan prerogatif Presiden. Kita tunggu saja kinerja 39 hari Gus Ipul,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, dia turut mengklarifikasi hubungan PBNU dengan PKB yang disebut terjadi konflik antarlembaga.

“Sekali lagi, tidak ada konflik antara kami dengan PBNU, yang ada adalah PBNU selama kemarin itu, sejak sebelum pemilu, di saat pemilu, posisinya memang memusuhi PKB,” katanya.

Ia melanjutkan, “Kalau kami sih enggak ada. Konflik itu enggak ada, yang ada adalah PBNU menciptakan konflik.”

Sementara, Gus Ipul berjanji tak akan berkonflik dengan menteri yang berasal dari PKB usai dilantik menjadi Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju.

“Partai ya partai itu sendiri. Ini eksekutif ya eksekutif, ya jelas imam kita kan di eksekutif ya presiden,” kata Gus Ipul di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Gus Ipul menjelaskan bahwa dirinya hingga saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBNU walaupun sudah diangkat menjadi menteri.

“Ya masih, nanti lihat situ perkembannya saja, sementara ya tetap,” ucap dia.

Dia kembali menegaskan jika siapa pun menteri dan apa pun latar belakang yang dimilikinya tak perlu dipermasalahkan. Menurutnya, tugas mereka hanyalah membantu Presiden Joko Widodo untuk menyukseskan visi dan misi yang telah dicanangkan sebelumnya.

“Ini yang jelas di sini kita bantu presiden. Siapa pun yang dipunyai oleh presiden itu adalah bagian dari upaya kita untuk menyukseskan apa yang menjadi misi presiden,” tuturnya.

Dirinya juga meyakini selama sebulan masa kerja yang diberikan oleh Jokowi, sejumlah urusan di Kementerian Sosial dapat diselesaikannya dengan baik. Dia akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk mengurus sejumlah masalah yang belum sempat diselesaikan oleh Tri Rismaharini maupun Juliari Batubara.

“Ya, pasti presiden punya maksud yang saya kira tidak ada lain di antaranya adalah mencoba untuk menata masa transisi. Sekali lagi itu, saya akan memerlukan waktu untuk itu,” imbuh dia.

Gus Ipul mengaku belum ada kepastian dari Jokowi maupun presiden terpilih, Prabowo Subianto bahwa dia akan melanjutkan jabatan di kabinet mendatang. Meski demikian dia tetap membikin program kerja hingga 2025 mendatang.

“Tentu kita bicara juga masa transisi khususnya untuk Kemensos apa yang akan dilakukan di tahun 2025,” pungkasnya.

(BBS/Bobby)