Mengenal “SI Jumadi” Aplikasi untuk Pencegahan DBD yang Dipakai Kel. Cipete Utara

0
88
Lurah Cipete Utara (tengah) Supriyanto S.STP saat diwawancarai oleh wartawan BarisanBerita.com Foto: (BarisanBerita.com)

Jakarta, BarisanBerita.com,- Kelurahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menggunakan Sistem Informasi Jumantik Mandiri (SI Jumadi). Aplikasi ini digunakan untuk membantu warga melaporkan temuan jentik nyamuk, yang kemudian dilaporkan ke kader Jumantik untuk ditindak lanjuti. Cara kerjanya, warga memoto jentik nyamuk dan lokasinya lalu dikirim via aplikasi tersebut.

Demikian Lurah Cipete Utara Supriyanto S.STP, Kamis, (22/08/2024).

“Kelurahan Cipete Utara mempunyai aplikasi SI Jumadi (Sistem Informasi Jumantik Mandiri). Aplikasi ini digunakan oleh warga yang menemukan jentik-jentik nyamuk, kemudian memotonya lalu dikirim lewat whatsapp ke kader jumantik,” kata Supriyanto.

Untuk diketahui, Kelurahan Cipete Utara memiliki kader jumantik sebanyak 114 orang, yang diterjunkan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Kegiatan ini dilakukan seminggu dua kali untuk mencegah demam berdarah.

Supriyanto mengatakan, kader jumantik bekerja untuk memeriksa jentik nyamuk seminggu dua kali yaitu pada hari Selasa dan Jumat.

Kegiatan ini diasistensi pihak Puskesmas. Kader Jumantik mendapat penyuluhan, senter lampu, alat PSN, dan obat obate untuk diberikan ke warga.

Di kesempatan ini, Lurah Cipete Utara mengimbau warga agar selalu hidup bersih dan menjaga lingkungan.

“Sekarang musim kemarau, jentik nyamuk berkembang biak dengan cepat. Mari kita cegah dengan menjaga kesehatan dan menerapkan 3M, yaitu menguras, mengubur, dan menutup,” pungkas Supriyanto.

(Bobby/HA)